Hasanah

Hasanah MA, Lahir di Kota Tangerang, pada 12 Mei 1980, adalah seorang guru PPKn di MTs Negeri 1 Jakarta JL. Bangka XIb, No.51 A, Kel. Pela Ma...

Selengkapnya
Navigasi Web

Belajar Tanggung Jawab

Belajar Tanggung Jawab

TH.138

Si kaka masih saja mondar mandir mencari ke setiap sudut ruangan. Mencari serutan pencilnya yang belum ketemu.

"Bun, tidak ada" ucapnya padaku.

Sambil mimik mukanya merengut. Merengek dan mau menangis.

"Coba, cari lagi yang teliti ka" pintaku padanya.

"Capek bunda" sahutnya lagi.

Dengan menghentakkan kaki kanan dan menggerakkan kedua tangannya. Pertanda si kaka menolak saranku.

"Hm, rupanya aku harus menemukan jurus maut" pikirku dalam hati.

"Ayo ka, kita sama sama cari ya?" Pintaku padanya.

Akhirnya kami berdua mencari ulang ke setiap ruangan. Dan terakhir ke tempat mainan yang biasa si kaka lakukan bersama temannya. Ketika mereka main di rumah.

"lah, ini serutannya ka!" Ucapku kepadanya.

Sambil mengeluarkan dari tas lama yang sudah lama tidak terpakai. Wajahnya yang terlihat cemberut kini mulai tersenyum. Sambil mengingat ingat kembali. Kenapa serutannya ada di tas lama tersebut. Ternyata si kaka baru teringat, tiga hari yang lalu main bersama Tata dan Alifah.

"Ka, sekarang Kaka sudah kelas empat, sudah harus bisa membedakan ini mainan atau bukan" ucapku padanya.

Si kaka terdiam seketika itu. Tatapannya tertunduk ke bawah. Seolah menyadari kesalahannya. Dan si kakapun meminta maaf tidak akan mengulanginya lagi.

"Ka, tidak hanya itu saja. Kaka sudah harus mulai belajar tanggung jawab, merawat dan menjaga barang milik Kaka sendiri" ucapku padanya.

Sambil ku pegang kedua tangannya dan mataku mengajak kontak langsung kepada mata si kaka.

"Ok, ka" seruku padanya.

Sambil ku angkat tangan kananku. Mengajak toas dengan tangannya. Dan tangan si kaka pun langsung menyambutnya.

Depok, 31 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post